Jambore Merdeka Bermain Komunitas Belajar (Kombel) PAUD Sekab. Soppeng: Kreativitas Guru PAUD dalam Edukasi Melalui Bermain

Berita9 Dilihat

Soppeng, Jum’at 7 Juni 2024 – Balai Besar Guru dan Tenaga Kependidikan (BBGP) Sulawesi Selatan, yang diwakili oleh Kepala BBGP Provinsi Sulawesi Selatan Dr. Arman Agung, M.Pd, baru-baru ini mengunjungi Soppeng untuk memantau komunitas belajar PAUD. Namun, kunjungan tersebut bukan hanya sekedar monitoring, melainkan juga menjadi saksi kreativitas luar biasa para guru PAUD Soppeng dalam mengedukasi anak usia dini.

Alih-alih mengadakan acara pengimbasan komunitas belajar biasa, para guru PAUD Soppeng mengubahnya menjadi Jambore Merdeka Bermain. Acara ini melibatkan seluruh komunitas belajar PAUD se-kabupaten Soppeng dan diwarnai dengan berbagai macam perlombaan.

Kreativitas ini menunjukkan pemahaman mendalam para guru PAUD Soppeng tentang pentingnya bermain dalam proses belajar anak usia dini. Seperti yang dikatakan Dr. Arman Agung, “Anak usia dini erat kaitannya dengan belajar di dalam bermain. Intinya adalah anak bermain.”

Tugas guru dalam hal ini adalah sebagai fasilitator yang membingkai permainan tersebut menjadi sebuah edukasi. Anak-anak PAUD harus merasa bahagia dan bebas berekspresi dalam bermain. Apabila anak tertekan, mereka akan mengalami 3 F, yaitu Freezer (membeku), Flight (menghindar), dan Fight (melawan).

Jambore Merdeka Bermain merupakan contoh nyata bagaimana guru PAUD di Soppeng mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak-anak. Acara ini menjadi inspirasi bagi para guru PAUD di seluruh Indonesia untuk terus berinovasi dan menghadirkan edukasi yang berkualitas melalui bermain.

Berikut beberapa hal menarik dari Jambore Merdeka Bermain:

Pameran karya Kombel: Pameran ini menampilkan berbagai karya kreatif yang dibuat oleh anak-anak PAUD dari berbagai komunitas belajar di Soppeng. Karya-karya ini menunjukkan bakat dan kreativitas anak-anak PAUD yang luar biasa.

Lomba pembuatan APE: APE (Alat Permainan Edukatif) adalah alat yang digunakan untuk membantu anak-anak belajar melalui bermain. Lomba ini mendorong para guru PAUD untuk menciptakan APE yang inovatif dan edukatif. Penampilan anak-anak: Anak-anak PAUD menunjukkan berbagai penampilan menarik, seperti menyanyi, menari, dan bermain drama. Penampilan ini menunjukkan bakat dan kemampuan anak-anak PAUD yang luar biasa.

Jambore Merdeka Bermain merupakan acara yang sukses dan inspiratif. Acara ini menunjukkan komitmen para guru PAUD Soppeng dalam memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak usia dini.

Berikut beberapa pemenang dalam Jambore Merdeka Bermain:

Pameran karya Kombel:

Terbaik 1: Lalabata

Terbaik 2: Marioriwawo

Terbaik 3: Ganra

Tervaforit: Donri Donri

Terkreatif: Citta

Tertotalitas: Lilirilau

Terinovatif: Liliriaja

Display terbaik: Marioriawa

Lomba pembuatan APE:

Juara 1: Marioriawa

Juara 2: Lalabata

Juara 3: Liliriaja

Harapan 1: Lilirilau

Harapan 2: Citta

Harapan 3: Ganra

Terkreatif: Marioriawa

Tervaforit: Donri Donri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *